Alat Keselamatan Kerja Las

Alat keselamatan kerja las yaitu begitu fital untuk dipakai. Pemakaian alat keselamatan kerja las ini akan memberi jamiman keselamatan pada juru las ataupun lingkungan. Pada gilirannya akan tingkatkan produktivitas dan kualitas hasil lasan.

 

Image result for kerja las

 

beberapa macam alat keselamatan kerja las diantaranya :

1. Baju kerja

Dengan memakai baju kerja, juru las akan terasa nyaman dalam bekerja karena tak berpikir mengenai lingkungan yang bisa mengotori bajunya. selain itu juga dengan memakai baju kerja juru las mempunyai keleluasaan untuk bergerak mengahadapi pekerjaannya. baju kerja bisa terbuat berbahan katoon, kulit atau levis. baju kerja jurulas di buat lengan panjang dan bercelana panjang.

2. Helm las/topeng las

Helm las/topeng las dipakai membuat perlindungan muka dari cahaya las (cahaya ultraviolet, infra red), radiasi panas las dan percikan bunga api las. jika muka juru las tak dilindungi maka kulit muka akan terbakar dan beberapa sel kulit ataupun daging akan rusak. Pada helm las tertentu di desain diperlengkapi dengan masker hidung, yang manfaatnya yaitu melindungi diri dari asap las dan debu pengelasan. asap las dan debu ini akan mengganggu pernafasan dan bisa mengakipatkan penyakit paru-paru (pernafasan) dan ginjal.

3. Kaca las

Kaca las akan melindungi mata dari cahaya las yang menyilaukan, cahaya ultra violet, dan infra red. nyala-nyala ini akan dapat mengakibatkan kerusakan pandangan mata juru las, bahkan juga bisa menyebabkan kebutaan. penentuan kaca las sesuai dengan besar kecilnya arus pengelasan yang dipakai juru las (saksikan tabel) pada buku-buku rujukan pengelasan. misalnya yaitu untuk pengelasan hingga 150 ampere memakai kaca las NO 10.

4. Apron (pelindung dada)

Apron berperan membuat perlindungan dada dari cahaya ultra violet, infra red, percikan bunga api las dan panas pengelasan. pelindung dada ini terbuat dari kulit yang lentur.

5. Sarung tangan

Sarung tangan berperan membuat perlindungan tangan dari sengatan listrik, panas lasan, dan bend-benda yang tajam.

6. Sepatu safety kulit kemampuan 2 ton

sepatu safety ini terbuat dari kulit yang pada ujungnya terjadap logam pelindung dengan kemampuan 2ton. sepatu ini akan melindungi juru las dari sengatan listrik, kejatuhan benda, benda-benda yang panas dan benda-benda yang tajam. 

Write a comment

Comments: 0